cara membuat thema handphone nokia sendiri

Thema ponsel saat ini sangat mudah didapatkan dengan membeli di kios Ponsel, saling tukar dengan teman melalu bluetooth maupun infrared, melalui proses download dari internet bahkan membeli dari layanan premium. Walaupun begitu kadang-kadang kita ingin membuat thema kita lain dari yang lain. Untuk itu kita dapat membuatnya sendiri melalui komputer. Cukup mudah bagi yang terbiasa maupun yang awam.
Peralatan yang kita butuhkan hanyalah PC/laptop, kabel data/bluetooth/cardreader dan software berupa pengolah gambar seperti mspaint, photoshop dll serta software kompressi seperti winrar, winzip atau IZarc.
Proses membuat/merubah thema ponsel nokia seri 40 sebagai berikut:

1. Buat satu folder khusus untuk memudahkan kita melokasikan file.
2. Copykan thema yang sudah jadi yang berupa nama_file.nth ke folder yang sudah kita buat
3. Ekstrak file tersebut menggunakan file ekstraktor seperti IZarc, winzip..
4. Setelah kita mengekstrak file tersebut kita akan mendapatkan file-file: background.jpg, wallpaper.jpg, theme_descriptor.xml dll.
Simpelnya untuk merubah tampilan thema ponsel java kita, kita cukup merubah file-filet tersebut, tetapi kita bisa merubah secara menyeluruh dengan menyesuaikan dengan keinginan kita.
5. Untuk merubah background gantilah file background.jpg dengan gambar yang kita inginkan, tetapi jangan lupa menyesuaikan dimensi file dengan layar ponsel kita, misalnya ponsel Nokia 6288/6270 atau 6233 dimensi layarnya 230 x 320 pixel dll atau untuk lebih mudahnya samakan dimensinya dengan dimensi gambar yang telah ada, begitu juga dengan wallpapernya.

Kita dapat juga merubah warna/gambar background kalender, item higlight kita dengan mengganti gambar-gambar yang sudah ada. Sedangkan untuk merubah warna huruf, kita dapat merubah script font color di dalam file theme_descriptor.xml, caranya buka file tersebut dengan notepad, kita akan menemukan script seperti ini:

"?>?>?>
"
"

display="second"
header_font_color="0adc23"
status_area_font_color="08faa2"
softkey_font_color="08faa2"
calendar_highlight_color="08faa2"
idle_font_color="08faa2"
active_idle_active_font_color="08faa2"
active_idle_content_background_color="08faa2"
shortcut_bar_popup_font_color="08faa2"
shortcut_bar_popup_background_color="08faa2"
menu_font_color="08faa2"
menu_highlight_font_color="08faa2"
grid_menu_font_color="08faa2"
grid_menu_highlight_font_color="08faa2"
reorder_highlight_font_color="08faa2" />"
Ganti warna item-item yang kita inginkan dengan warna favorit kita, misalnya kita ingin merubah warna huruf menu maka kita rubah kode didalam tanda petik di menu_font_color="1c04ff" dengan kode warna yang kita sukai misalnya ("1c04ff"= biru) menjadi ("ce14b2"=pink).

Setelah itu kita simpan file tersebut. Langkah selanjutnya kita pilih semua file yang ada di folder kemudian kita kompress menjadi 1 file menggunakan software kompressi, selanjutnya kita ubah ekstensinya menjadi nama_file.nth terus kita kirim file tersebut ke ponsel kita....
 

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment